Info Terkini

Bingung memilih bahan material untuk pondasi? Coba pakai bahan ini.




Jenis pondasi yang biasa digunakan pada rumah tinggal adalah pondasi setempat, pondasi batu (batu kali dan batu gunung), pondasi foot plat (fondasi telapak), pondasi rollag (pondasi dangkal), dan pondasi sumuran. Bahan material pondasi untuk hunian rumah tinggal bermacam-macam, yaitu sebagai berikut.

a. Batu bulat

Jenis batu ini sangat mudah dijumpai di setiap tempat karena berasal dari kali dan pegunungan. Batu bulat tidak berbentuk bulat sempurna, memiliki warna abu-abu kehitaman. Batu jenis ini memiliki kualitas standar untuk digunakan sebagai bahan material pondasi. Dikarenakan bentuknya yang bulat, kekuatan cengkraman batu ini tidak bagus. Oleh karena itu, pilihlah yang memiliki kekerasan yang baik, bersih, dan tidak mudah hancur, dengan ukuran yang sedang (lebih kecil dari ukuran bola voli). Jangan khawatir, harga batu ini relatif terjangkau.

b. Batu pecah

Batu pecah berasal dari batu bulat kali dan pegunungan yang berukuran besar yang telah dilakukan proses pemecahan dan menjadi bongkahan-bongkahan yang tidak terlalu besar. Untuk pondasi, pilihlah batu pecah yang memiliki kekerasan baik, padat, dan tidak lapuk atau mudah hancur. Batu jenis ini sangat baik sebagai bahan utama pondasi dikarenakan memiliki ujung yang meruncing sehingga daya cengkeram satu sama lainnya sangat kuat. Meskipun harga di atas harga batu bulat, kualitasnya jauh lebih baik. Anda tidak akan kecewa jika menggunakan batuh pecah ini sebagai bahan material utama untuk sebuah pondasi yang baik.

c. Batu karang
 
Batu jenis ini berasal dari pantai dan laut, berwarna putih kekuningan. Batu karang yang baik untuk bahan utama material pondasi adalah yang kuat, bersih, serta tidak memiliki garis kelapukan. Bahkan, sebaiknya gunakan batu karang yang telah melalui proses pemecahan karena batu karang yang telah menjadi bongkahan pecahan akan sangat baik daya ikatnya ketika dipasang menjadi sebuah pondasi. Hal ini dikarenakan ujung-ujungnya yang telah meruncing. Akan tetapi, harga batu karang lebih mahal daripada jenis batu lainnya, karena memang jumlah material ada di pasaran tidak sebanyak batu kali dan batu gunung.

About bdg terkini

bdg terkini
Recommended Posts × +

1 comments:

dum spiro spero mengatakan...

Salam kenal..tulisan menarik dan bermanfaat...mohong dukungan dengan bertandang dan sediit berkomentar pada tulisan saya ini http://charlesemanueld.blogspot.co.id/2017/02/proyek-sejuta-rumah-dalam-genggaman.html