Info Terkini

Hati-hati pada lantai yang turun atau amblas, Ini cara memperbaikinya


Rumah yang nyaman sebagai tempat tinggal memang menjadi idaman setiap orang. Rumah dengan kondisi terjaga sebagai tempat berteduh sebuah keluarga. Tahun berganti tahun, kondisi fisik rumah lambat laun yang tadinya terjaga menjadi sedikit mulai rusak. Bisa akibat umur bangunan atau mungkin karena faktor cuaca. Salah satunya lantai yang turun atau amblas di rumah.

Salah satu contoh lantai yang amblas
Masalah kondisi lantai yang turun atau amblas sering ditemukan pada setiap hunian rumah tinggal. Banyak dikarenakan pada saat pengerjaan pemasangan lantai tidak benar atau karena sifat asli dasar lantai berupa tanah. Bisa juga kondisi tanah yang lembek atau labil, retak, atau adanya akar tanaman yang tersisa di bawah lantai merupakan beberapa contoh penyebab amblasnya lantai tersebut.

Lakukan perbaikan secepatnya, jika ada lantai yang turun atau amblas, sebelum kerusakan itu bertambah parah. Akan sulit untuk diperbaiki jika bertambah parah kerusakannya sehingga akan semakin besar pula biaya perbaikannya. Nah ada tips kecil  cara merenovasi lantai yang turun atau amblas. Berikut caranya.
  • Angkat lantai yang turun, termasuk adukan semen dan urugan pasir dasar sehingga permukaan dasar tanah terlihat.
  • Padatkan tanah yang lembek dengan cara di-press lembek. Tambahkan batu kricak atau batu krikil untuk membantu pemadatan tanah bila permukaan tanah masih lembek. Kemudian, padatkan batu kricak atau batu krikil yang sudah ditambahkan pada dasar tanah tersebut hingga merata.
  • Setelah padat, taburkan pasir secara merata hingga ketebalannya mencapai 10 cm dan siram dengan air hingga pasir memadat.
  • Untuk pemesangan kembali lantai yang lama, lantai harus dibersihkan dari sisa perekat yang lama. Jika menggunakan lantai baru, tempelkan saja setelah terlebih dahulu diberi perekat.
  • Siapkan spesi perekat lantai berupa campuran semen dan pasir dengan perbandingan 1: 2.
  • Letakkan spesi di atas pasir yang sudah memadat, lalu ratakan spesi tersebut.
  • Langkah terakhir, letakkan lantai secara rapi dan hati-hati dengan memperhatikan kerataannya.
Selamat mencoba!

About bdg terkini

bdg terkini
Recommended Posts × +

0 comments: