Info Terkini

Cara Mudah Membersihkan Lumut Pada Genteng


Saat musim penghujan, selain banyak yang memberi rasa bersyukur karena musim kering yang terlalu lama, ternyata musim hujan yang berlebihan juga bisa menyebabkan jalan banjir, dinding rumah menjadi lembab, dan terdapat lumut pada genteng rumah. 

Seiring dengan datangnya musim hujan, genting akan selalu dalam kondisi basah, lembap, bahkan menimbulkan lumut pada genteng. Dinding rumah pun tidak luput dari bertumbuhnya jamur dan lumut. Kondisi inilah yang menyebabkan tampilan rumah akan terganggu, tidak enak dipandang, dan kadang ada bau yang tidak enal. Lalu, bagaimana ya menyiasatinya?


Genteng berlumut

Hal pertama yang bisa dilakukan, gantilah genting yang telah lumutan dengan memilih genting ber-glazur. Glazur merupakan semacam lapisan khusus untuk genting yang berfungsi sebagai antilumut sehingga tidak akan menimbulkan noda menghitam pada permukaan genting dan menghindarkan lumut pada genteng.

Glazur ini cocok diaplikasikan pada genting berbahan tanah liat, asbes, maupun genting-genting lain yang tidak berglazur. Selain itu, efek genting yang berglazur adalah memantulkan sinar matahari sehingga tidak  terlalu banyak terserap ke dalam rumah. Hawa pun akan semakin bersahabat bagi para penghuni rumah dan yang pastinya tidak ada lumut pada genteng.

Genteng berglazur

Kedua, bersihkanlah genting yang berlumut dengan sikat. Anda dapat membubuhi sabun dan air panas jika lumut dirasa susah untuk dibersihkan. Kemudian, biarkan hingga kering. Setelah kering, aplikasikan cat pelindung atau glazuur pada permukaan genting. Niscaya, lumut pada genteng rumah Anda tidak ada lagi. Ingat, pilihlah glazuur yang memiliki antijamur. Nah, mudah kan? Selamat mencoba. (Admin)

About bdg terkini

bdg terkini
Recommended Posts × +

1 comments:

Jasa Kuras Tandon Air Solo mengatakan...

Informasinya sangat bermanfaat bagi saya. Saya sedang mempelajari seputar lumut pada genteng untuk usaha saya Cuci Tandon Air BerkahCleanToren.com