Info Terkini

Talang pada atap rumah Anda bocor? Ini cara mengatasinya dengan mudah

Hujan yang terus menerus bisa menyebabkan kerusakan pada atap rumah. Karena itulah, atap perlu perhatian khusus apalagi menjelang musim hujan. Selain atap, talang sebagai saluran pembuangan air dari atap harus juga diperhatikan.

Talang atap rumah berfungsi sebagai penangkap aliran air hujan yang jatuh ke atap untuk kemudian dialirkan ke salah satu sisi bagian atap. Air hujan ini ada yang menuju di antara dua bagian atap, pada pertemuan antara dinding dan atap, serta pada salah satu sisi atap saja. Jika tidak diperhatikan, lama kelamaan talang mengalami kebocoran karena sering diguyur air hujan. Kebocoran pada talang atap rumah biasanya akan sering terjadi, terutama pada musim hujan.


Talang yang bocor

Karena posisi talang atap rumah berada di luar dan rentan terhadap segala kondisi cuaca, Anda harus rajin untuk memeriksa kondisinya, terutama jika musim hujan akan segera tiba. Nah, inilah cara untuk mengatasi talang yang bocor.
  •        Derasnya hujan yang turun akan memengaruhi kemampuan talang dalam mengalirkan air. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu talang berada dalam posisinya yang tepat. Contoh, talang atap rumah yang terbuat dari seng. Talang dari bahan ini seringkali selip atau mengalami pergeseran sehingga membuat keretakan pada bagian sambungan talang.

Talang dari seng

  •         Selalu menyediakan waterproofing dan serat atau serabut fiber jika musim hujan tiba. Jika terjadi kebocoran, kita tidak perlu repot dan waktu lama untuk mengatasinya. Caranya, lakukan proses penambalan talang atap rumah yang bocor dengan serat atau serabut fiber tadi, kemudian olesi dengan cat waterproofing. Jika ingin benar-benar aman, aplikasikan beberapa lapis serat dan cat waterproofing tadi.  Pasti Anda mudah melakukannya.

Waterproofing pada talang

  •       Untuk atap rumah Anda yang rimbun atau sebagiannya tertutupi oleh pepohonan yang tinggi, kemungkinan atap akan penuh oleh sampah dedaunan. Nah, sampah yang menumpuk ini dapat mengakibatkan saluran air pada talang tersumbat sehinga kebocoran pun tak dapat dihindari. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengaplikasikan cat waterproofing atau aspal pada permukaan yang bocor. Nah selamat mencoba! (Admin)

Atap yang terdapat banyak sampah daun

About bdg terkini

bdg terkini
Recommended Posts × +

0 comments: